Stress Less, Glow More: Tips Manajemen Stres ala Kecantikan Korea

Stress Less, Glow More: Tips Manajemen Stres ala Kecantikan Korea

Di masa yang serba sibuk seperti sekarang ini, penting untuk tetap menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Menjaga kesehatan fisik mungkin sudah terdengar sangat umum dan akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan olehmu. Tapi, masih jarang orang-orang yang memperhatikan kesehatan mental mereka karena menganggapnya bukan sesuatu yang perlu dijaga. Padahal, kesehatan mental adalah salah satu penunjang dalam menjalani kegiatan sehari-hari untuk membuatnya menjadi lebih produktif dan bermakna. Terkadang kita lupa bahwa pekerjaan dapat membuatmu menjadi lebih stress, ditambah lagi kondisi cuaca dan atmosfer di sekitarmu.

Tanda-tanda stress yang dapat dengan mudah terlihat adalah perubahan pada kulit. Orang yang mengalami stress akan memiliki kulit yang berkerut, apalagi jika sering terpapar sinar matahari dan polusi yang membuat kulit kusam. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips mengurangi stress sekaligus membuatmu memiliki kulit glowing dan sehat ala Pakar Kesehatan Mental Korea.

Pakar kesehatan dari Korea percaya bahwa penting untuk mengelola stres untuk menjaga kesehatan kulit dan kebugaran secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips mengatur stres menurut pakar Korea:

  • Tetap aktif secara fisik

Olahraga adalah cara yang bagus untuk melepaskan stres dan meningkatkan suasana hati. Pilihlah olahraga yang kamu sukai, seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga. Salah satu aktivitas fisik menurut orang Korea yang dapat kamu lakukan yaitu latihan "Nunchi Danjeon". Korea memiliki seni bela diri seperti tai chi yang dikenal sebagai "Nunchi Danjeon." Latihan ini tidak hanya meningkatkan fleksibilitas fisik tetapi juga menghubungkan tubuh dan pikiran untuk mengurangi stres. Selain itu, ada juga "Sampo" atau berjalan-jalan. Konsep "sampo" mengajarkan untuk berjalan-jalan dan bersantai. Temukan waktu untuk menjelajahi alam, meresapi keindahan sekitar, dan memberi otak istirahat dari rutinitas sehari-hari.

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri

Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang tercinta. Melakukan hal-hal yang kamu sukai dapat membantumu merasa rileks dan terhibur.

Dalam budaya Korea terdapat istilah "nunchi", yaitu kemampuan membaca suasana dan emosi orang lain. Terapkan konsep ini untuk memahami kebutuhan emosionalmu dan orang di sekitar. Seringkali, menyadari perasaan sendiri adalah langkah pertama untuk mengelola stres. 

  • Meditasi atau yoga

Meditasi dan yoga adalah teknik relaksasi yang terbukti efektif dalam mengurangi stres. Meditasi dapat membantumu fokus pada saat ini dan melepaskan pikiran negatif, sedangkan yoga dapat membantu mengendurkan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Di Korea, ada praktik meditasi yang disebut "mira." Kegiatan ini fokus pada menemukan ketenangan dalam diri sendiri. Sediakan waktu setiap hari untuk duduk dalam keheningan, fokus pada napas, dan membebaskan diri dari tekanan sehari-hari. Ada juga terapi aroma Korea, dimana kita disarankan untuk menggunakan aroma terapi dengan minyak esensial yang menenangkan, seperti lavender atau bunga sakura. Orang Korea percaya pada kekuatan aroma untuk mengatasi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

  • Hubungi teman atau keluarga

Berbicara dengan teman atau keluarga dapat membantu kamu merasa lebih didukung. Jika merasa stres, jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang yang kamu percayai. Di Korea, ada yang disebut dengan Ritual "Jeong". "Jeong" adalah konsep hubungan dekat dan rasa keterikatan. Seringkali, bersama orang yang kita sayangi dapat mengurangi tingkat stres. Jadwalkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga atau teman dekat untuk mengisi ulang energi positif.

  • Lakukan perawatan diri

Merawat diri adalah salah satu bentuk kasih sayang yang sangat nyata, karena datang dari diri sendiri. Tanpa harus meminta, biasanya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal untuk juga dirawat. Orang Korea biasa melakukan ritual "Gwanchal." "Gwanchal" adalah ritual membersihkan wajah dan jiwa dari beban harian. Jadikan rutinitas perawatan kulit malam hari sebagai ritual pribadi untuk melepaskan stres dan mempersiapkan diri untuk tidur yang nyenyak. Gunakan rangkaian body dan face care dari Keev untuk menemanimu merawat diri dari luar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga dapat membantumu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan kulit dan fisik secara keseluruhan. Praktik kecantikan Korea tidak hanya menghadirkan kilau luar biasa pada kulit, tetapi juga merawat jiwa. Dengan mengintegrasikan teknik-teknik ini ke dalam rutinitas harian, semoga kamu dapat memiliki kulit yang sehat dan glowing sambil meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan. Stress less, glow more!

RELATED ARTICLES

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published